10 Obat Nafsu Makan Anak Tradisional

10 Obat Nafsu Makan Anak Tradisional

Kembali dengan saya admin daftartulip dan sekaligus penulis dalam blog Twintulipware yang sampai saat ini masih terus berusaha keras untuk dapat memberikan kontribusi positif serta manfaat bagi semua pembaca blog Twintulipware khususnya dan untuk sahabat pengunjung blog sederhana ini pada umumnya.

Dalam kesempatan yang sangat baik ini admin akan membagikan sedikit pengetahuan serta pengalaman pribadi yang berkaitan dengan kesehatan dalam postingan blog Twintulipware.


Seperti biasanya sebelum masuk ke dalam isi dari konten artikel yang berjudul "10 obat nafsu makan anak tradisional" kali ini, admin akan memberitahukan kembali bahwa artikel 10 obat nafsu makan anak tradisional ini merupakan ramuan tradisional yang turun temurun digunakan oleh orang tua kita dulu hingga sampai sekarang.

BACA JUGA ARTIKEL: 20 Cara Nafas Lega Saat Tersumbat.

Namun demikian admin pikir dari beberapa pembaca lainya, pasti ada yang sudah pernah tahu mungkin bahkan masih menggunakan obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan alami, akan tetapi untuk yang belum mengetahui bahkan tidak pernah menggunakanya, saya sarankan perlu untuk anda coba, oleh karena alasan tersebut di atas admin akan mengetengahkan artikel kesehatan dalam blog twintulipware saat ini dengan judul "10 obat nafsu makan anak tradisional".

daftartulip.img
Image pexels.com

Masalah tumbuh kembangan anak-anak terkadang menjadi masalah yang krusial bagi sebagian orang tua yang memiliki anak gemuk maupun yang kurus.

2(dua) kata di atas yang digaris bawahi oleh penulis yaitu anak Gemuk dan anak Kurus.

Baca Juga Cara Dapatkan $.25 & Bagaimana membuat Kartu MasterCard® Yang Berlaku Untuk Belanja di Manapun Klik di Sini
Apakah Anak Gemuk sudah memenuhi standar kesehatan?..Ataukah gemuknya efek dari kebiasan anak mengkomsumsi makanan serta minuman yang kurang bergizi?? Jika demikian anak Gemuk di atas memiliki konotasi Bukan anak sehat. 

Karena akibat dari seringnya anak mengkomsumsi makanan serta jajanan yang tidak memenuhi Gizi seimbang.

Berbeda dengan Anak Kurus, terkadang kita sulit membedakan antara anak yang kurus akibat gizi buruk dengan Anak Kurus yang memang sulit makan atau dengan kata lain tidak mempunyai nafsu makan.

Sebab anak yang kurus tidak memiliki nafsu makan akhirnya dapat dikatakan sama saja dengan klasifikasi anak yang bergizi buruk, kesimpulannya untuk anak yang kurang nafsu makan tidak adanya asupan gizi yang seimbang guna pertumbuhan si anak tersebut.

Jadi admin dapat definisikan Kurus dalam artikel kesehatan blog Twintulipware ini adalah  "Anak yang tidak mempunyai nafsu makan sehingga tubuhnya Kurus" (daftartulip).

Selanjutnya bagaimana untuk memberikan stimulan pada anak untuk dapat mempunyai nafsu makan yang proporsional?

Apakah sahabat Twintulipware lebih memilih memberikan vitamin atau bahkan obat-obatan kimia yang berharap si anak dapat memiliki nafsu makan

Bagi penulis pemikiran di atas dianggap merupakan suatu hal yang wajar, sejauh ini dalam menggunakan vitamin atau suplemen lebih selektif untuk tidak memilih vitamin & suplemen yang menggandung bahan kimia, alasannya akan menghambat pertumbuhan pada organ-organ perkembangan anak kita dalam penggunaan waktu lama terlebih lagi menggunakan obat-obatan.


Baiklah di bawah ini admin akan berikan cara membuat 10 obat nafsu makan anak tradisional sebagai berikut:

BACA JUGA ARTIKEL: Obat sakit demam anak

1. Temu Ireng
Temu ireng bisa anda dapatkan di penjual rampeg (bahasa sunda) atau bisa disebut juga dengan pedagang yang menjual perlengkapan untuk sajen dan nyepah (bahasa sunda). Bila anda orang Bandung maka anda dapat menemukan di sekitar jl.cikutra dekat rs.santo yusuf. Juga dapat diperoleh di toko obat china di bandung yang berada di pasar baru.

Cara membuatnya: gunakan sepotong temu ireng kemudian anda parut, selanjutnya anda peras untuk di ambil airnya. Berikan kepada anak anda yang kurang nafsu makan dengan mencekokannya ke mulutnya. Obat nafsu makan anak tradisional ini sangat mujarab sekali, anda hanya perlu mencekoki anak anda dengan takaran 1(sendok) sendok makan, dalam waktu yang berbeda siang dan sore.

Berikan 2(dua) kali atau 3(tiga) kali saja akan membangkitkan nafsu makan anak anda.

2. Sambiloto
Ambil daun dan batangnya sambiloto atau ki oray (bahasa.sunda) secukupnya lalu anda bersihkan dan haluskan dengan ditumbuk / blender, sebagai pemanis dapat anda gunakan madu atau gula aren karena tumbuhan ini sangat pahit. Minumkanlah kepada anak anda yang nafsu makannya kurang sebagai obat.

3. Daun Pepaya
Pilih Daun Pepaya yang sedang, tidak terlalu tua ataupun muda, ambil sekitar 3 -4 lembar kemudian cuci selanjutnya anda tumbuk, setelah agak halus campurkan air 1(satu) gelas dan diamkan selama 10-15 menit, saring air pepaya tadi dan tambahkan madu sebagai obat penambah nafsu makan anak tradisional.

4. Varia atau pare
Bentuk buah varia(paria)/ pare permukaannya bergerigi tidak rata. Ambil satu buah, buang bijinya kemudian potong-potong untuk di Blender masukan garam ½ sendok teh. Jangan ditambahkan air, terkecuali perlu, tuangkan sedikit saja. Minumkan pada anak yang susah makan akibat kurang nafsu makan sebagai obat tradisional.


5. Jahe  
Jahe mempunyai rasanya yang pedas dan lebih menyengat daripada laza atau lengkuas. Ambil jahe secukupnya cuci kemudian anda blender dengan menambahkan madu. Selanjutnya minumkan pada anak anda yang kurang nafsu makannya, sebagai obat penambah nafsu makan anak tradisional.
Tanaman yang sangat terkenal dengan rasa pahitnya, namun demikian sangat berfungsi sebagai obat penambah nafsu makan anak trdisional. Ambil dan potong-potong batrawali sepanjang 5(lima) cm, dalam 8 potongan kemudian tuangkan air 2(dua) gelas dan rebus hingga mendidih, berikan kepada anak yang kurang nafsu makannya sebagai obat penambah nafsu makan anak tradisional.

7. Laza / Lengkuas
Laza bentuknya  hampir sama dengan jahe hanya berbeda rasanya. Lengkuas sedikit ada rasa asam dan hambar. Ambil laza secukupnya cuci kemudian anda blender dengan menambahkan madu. Selanjutnya minumkan pada anak anda yang kurang nafsu makannya, sebagai obat penambah nafsu makan anak tradisional.

8. Biji Mahoni.
Biji mahoni mudah didapat di toko-toko rempah-rempah atau di apotek tradisional china, di bandung bisa didapat di pasar baru namanya Babah Kuya.

Ambil 3(tiga) biji mahoni kemudian anda tumbuk, setelah itu tuangkan kedalam air hangat diminum seperti membuat kopi. Disarankan penggunaannya 2(dua) kali dalam sehari. Jika anak merasa terlalu pahit bisa ditambahkan madu, berikan sebagai obat nafsu makan anak tradisional.


9. Air Tajin beras merah.
Yang dimaksud Tajin disini air bekas mencuci beras, saat anda mencuci beras ada baiknya jangan di bilas dulu.

Pertama anda ambil beras merah satu gelas atau dua gelas, kemudian anda rendam selama 30(tiga puluh) menit dengan 2(dua) gelas air matang, sambil di aduk-aduk. Selanjutnya ambil air adukan tadi dan saring, kemudian minumkan kepada anak anda yang nafsu makannya kurang sebagai obat penambah nafsu makan. Lakukan setiap hari 3(tiga) kali selama 4-6 hari.

10. Air Tajin Beras Ketan.
Air tajin beras ketan penjelasan serta cara membuatnya sama seperti dengan pada no.9(sembilan) di atas.

BACA JUGA ARTIKEL: Obat Sakit Diare Anak

Demikianlah artikel kesehatan dalam blog Twintulipware yang dapat Admin sampaikan, apabila ada kesalahan serta kekurangan dalam pengetikan dn penulisan serta isi dari konten pada postingan 10 Obat Nafsu Makan Anak Tradisional tentunya kali ini, admin berharap kepada seluruh pembaca serta sahabat Twintulipware untuk memberikan masukan serta tambahan tentang artiikel kesehatan 10 Obat  Nafsu Makan Anak Tradisional, ataupun kritikan yang bersifat membangun bagi penulis, silahkan untuk anda sampaikan dalam kolom komentar yang sudah tersedia.

Di atas telah admin berikan berapa pilihan obat sakit diare anak tradisional dengan harapan semoga dapat bermanfaat bagi anda semuanya pembaca blog Twintulipware.

Akhirnya admin mengucapkan terimakasih kepada seluruh pembaca yang telah berkunjung ke blog Twintulipware pada artikel kesehatan yang berjudul 10 Obat Nafsu Makan Anak Tradisional.

Wassallam.
daftartulip.blogspot.com

Notes: Kepada para blogger baik penulis lainya atau pembaca yang baik serta budiman, apabila anda ingin Re-upload artikel mengenai kesehatan ataupun lainnya silahkan anda bisa menggunakan "LINK POSTINGAN" yang telah di sediakan di laman blog Twintulipware ini. Atau para pemula yang mau menyalin dan me re-Upload artikel kesehatan ataupun artikel lainnya yang ada di dalam halaman daftartulip.blogspot.com silahkan untuk dapat menyertakan "Link Sumbernya" terimakasih. 
Happy Blogging..see you..



0 komentar

Post a Comment