7 Langkah Skir Klep Mobil dan Motor Paling Cepat

Cara dan Langkah Untuk Skir Klep Mobil & Motor Paling Cepat 

Sallam Otomotif.

Menjaga serta merawat mobil ataupun mobil memang suatu hal yang tidak mudah, apalagi bagi orang yang sangat awam mengenai sistem kerja mesin mobil dan motor. Sering kita melihat di jalan baik mobil atau motor di bagian pipa kenalpot keluar asap putih yang sangat mengganggu pengendara motor atau mobil di belakangnya.


Sisa pembakaran di ruang mesin mobil dan motor yang terbuang melalui kenalpot biasanya mengandung karbondioksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Terlebih lagi jika pembakaran di ruang mesin tidak sempurna akan meninggalkan masalah yang serius baik bagi pemilik kendaraan tersebut dan dampak negatif bagi kesehatan orang lain yang menghirupnya.

Dalam menjaga mobil dan motor agar tetal prima terutama pada bagian mesin yaitu harus selalu mengganti oli mesin mobil dan motor secara rutin dan teratur selanjutnya hal lain yang perlu perhatian juga adalah kekentalan serta tepat dalam memilih jenis oli untuk mobil dan motor Anda. Sehingga performa mesin tetap dalam kondisi prima, keluarnya asap putih dari kenalpot mobil dan motor Anda disebabkan oleh renggangnya Klep isap dan Klep buang di ruang mesin mobil dan motor Anda.

Kerugian pertama bagi pemilik mobil dan motor jika Klep isap dan Klep buang bocor, dapat mengakibatkan masuknya oli pada sistem pembakaran melalui lubang Klep yang seharusnya tidak boleh bocor sedikit apapun. Kemudian jika Klep mobil dan motor bocor tenaga yang di hasilkan oleh pembakran yang tidak sempurna akan berkurang (tidak bertenaga). Yang paling dikhawatirkan kerusakan pada Klep isap dan Klep buang yang bocor akan mempengaruhi pada komponen lain di dalam mesin.


Sebelum ruang mesin bertambah rusak akibat Klep isap dan Klep buang mobil atau motor Anda bocor atau ada celah (gap) sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu penyebabnya.


1. Jika asap yang keluar dari kenalpot asap hitam ketika digas berarti ada masalah dengan sistem suplai bensin pada kendraan Anda (karburator/sistem injeksi).

2. Asap putih keluar dari kenalpot ketika mobil dan motor dalam kondisi hidup normal tanpa gas keluar asap terus pertanda Ring Seher Anda ada masalah. Karena terbakarnya oli yang tercampur dengan bensin sehingga asap pembakaran berwarna putih.

3. Asap putih keluar dari kenalpot ketika mobil dan motor digas mengeluarkan Asap putih pertanda pada bagian silinder head ruang mesin mobil dan motor Anda ada yang bocor, kemungkinan yang perlu di ganti serta diseting ulang antara lain Klep isap atau Klep buang, Bos Klep dan komponen lainya.

Di atas telah penulis jelaskan beberapa faktor penyebab serta pentingnya merawat mesin mobil dan motor. Selanjutnya bagaimana mengatasi mobil dan motor yang bermasalah dengan klep yang bocor?

Sering kita melihat pekerja atau seorang teknisi di salah satu bengkel sedang memutar-mutar tangannya pada selang yang dihubungkan dengan Klep mesin yang sedang diperbaiki sambil duduk tidak berhenti secara terus-menerus memutarkan tanganya dengan tujuan Klep dan Lubang suplai bensin ke ruang pembakaran tidak bocor.

Tahukah Anda berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut? Sangat laman dan belum tentu hasilnya akan sempurna dan tidak akan bocor lagi.


Sebelum melangkah pada bagian proses pengerjaan serta langkah untuk memperbaikinya, sebaiknya Anda harus mengetahui apa pengertian Skir Klep itu. Istilah Skir Klep biasa digunakan oleh para teknisi bengkel mesin mobil dan motor. Pengertian Skir Klep sendiri yaitu suatu langkah atau proses pemerataan permukaan pada rumah dudukan klep/valve yang kasar, dengan Skir Klep tujuannya untuk menghaluskan permukaan antara dudukan Klep dan Klepnya sehingga tidak terjadi kebocoran dan akan menghasilkan tekanan/kompresi yang maksimal dalam ruang bakar mesin.

Di bawah ini akan dijelaskan alat-alat yang diperlukan untuk mempercepat waktu Skir Klep Mobil dan Motor sebagai berikut.

1. Mesin pada posisi turun ½ 
Posisi mesin mobil/motor dalam kondisi diturunkan bagian silinder head saja,  boring silinder tidak perlu diturunkan.

2. Gunakan Media Penahan
Sebagai penahan gunakan penopang kayu atau bangku yang dapat dijadikan sebagai dudukan.

3. Bubuk Amril Kasar
Gunakan bubuk amril atau butiran berupa cream hitam berfungsi sebagai ampelas atau untuk meratakan permukaan yang kasar atau tidak rata.

4. Bubuk Amril 
Sebagai penghalus atau penutup pori-pori media yang telah diratakan oleh bubuk amril kasar.

5. Oli
Digunakan sebagai pelicin dan menghidari panas akibat putaran.

6. Bor listrik
Bor listrik, pada bagian ujungnya di mata bor di ganti dengan memasang besi dengan panjang 10 cm dengan diameter yang sama dengan Batang Klep.

7. Selang Karet
Gunakan selang karet sebagai penghubung antara batang Klep dan besi yang dipasang pada dudukan mata bor, usahakan diameter selang yang dapat masuk dengan kuat pada batang Klep dan Besinya. Dapat diperkuat dengan mengikat dengan karet gelang.

Di atas merupakan persiapan serta alat yang dibutuhkan untuk mempercepat Skir Klep Mobil dan Motor Paling Cepat.

Untuk lebih jelas dan untuk mempermudah dan lebih spesifik dapat Anda lihat dalam video pendek ini.



Demikianlah Cara Skir Klep Mobil dan Motor Paling Cepat, semoga bermanfaat dapat memberikan manfaat bagi pembaca blog daftartulip. Apabila ada pertanyaan serta masukan silahkan untuk kita diskusikan dengan semua sahabat daftartulip.

Terimakasih