Artikel Blog Pertama

Artikel Blog Pertama

Senang rasanya penulis blog daftartulip dapat hadir kembali untuk menyapa anda semua Bloger Pemula, Bagaimana apa masih menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang suci ini?... Sebelumnya saya sebagai Penulis ingin mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan kembalinya bulan suci yang sangat kita tunggu-tunggu dan sebagai umat muslim sudah seharusnya saling memaafkan. Dan tentunya saya ingin mengucapkan mohon maaf sebesar besarnya bila dalam postingan-postingan saya atau dalam penyampaian bahasanya kurang berkenan di hati anda, untuk itu saya mohon maaf. Sebagai kata pembuka di atas, harapannya dapat memberikan penerangan serta pemahaman dalam pengertian Belajar Blogging di situs ini untuk kita semua khususnya bagi penulis dan umumnya bagi anda yang baru mengenal dunia Blogger.Saat menulis artikel ini saya sambil menunggu tibanya Buka Puasa, atau dengan kata lain Ngabuburit (bhs.sunda.red).

Baiklah tanpa basa basi lagi saya akan membagikan sediit ilmu yang saya dapatan dari dunia Blogger, walaupun pengetahuan penulis masih dangkal semoga artikel ini dapat dimanfaatkan oleh para blogger yang membutuhkan dan untuk para Master mohon dukungannya..hehe..

Seperti pada postingan sebelumnya, telah disampaikan untuk memulai membuat akun Blogger, anda sudah terlebih dahulu membaca dan memahami tentang pemilihan nama sub domain dari Blogspot[dot]com atau Nama Domain yang akan anda gunakan terlebih dahulu, alasannya jika itu sebagai nama yang akan anda gunakan selamanya is no problem, jika hanya untuk latihan saja silahkan suka-suka anda saja dulu setelah benar-benar memahami baru anda gunakan nama subdomain blogspot atau nama domain anda. Bagi yang belum membaca artikel sebelumnya silahkan masuk ke Cara Mudah Buat Blog Pemula.

Sebelumnya anda sudah masuk ke Blogger.com dan untuk selanjutnya mari kita perhatikan gambar dibawah berikut ini, pada tampilan gambar di bawah yang dilingkari dengan warna hijau merupakan langah awal anda untuk memulai masuk ke pembuatan Judul Blog anda ingat JUDUL BLOG akan anda gunakan sebagai kata kunci dalam setiap postingan anda atau dengan kata lain setiap anda membuat postingan atau artikel JUDUL BLOG tersebut akan menjadi Induk Judul Pada su-sub judul postingan anda, bagaimana menurut anda penjelasan saya? apa masih bingung? Untuk itu JUDUL BLOG merupakan Nama Blog Anda. ingat bukan nama domainya.Perhatikan pada lingkaran merah sebelah kanan yang diberi Highlight warna kuning Penulis contohkan dengan Judul Blog "Big Market For your Main Product" nah itulah Judul Blog Penulis yang akan menjadi Induk Judul Blog dari sub-sub judul pada postingan artikelnya.

daftartulip.img

Selanjutnya mari kita perhatikan gambar berikutnya seperti di bawah ini. tanda panah merah yang pertama merupakan JUDUL BLOG anda nanti seperti contoh di atas yaitu "Big Market For your Main Product" dan pada tanda panah kedua warna hitam menunjukan Alamat, disini yang dimaksud nama URL anda atau nama sub domain dari Blogspot[dot]com silahkan anda tentukan, saran saya ada baiknya antara nama sub domain dan Judul Blog anda sama jika tidak disa minimal mendekati. Dan untuk berikutnya perhatikan lingkaran warna merah menunjukkan Template=desain tampilan situs blog anda, pilih desain yang sederhana itu merupakan default template yang disediakan oleh blogger. apabila anda menginginkan Template Blog saya ini silahan masuk kesini. Langkah berikutnya anda Buat blog tanda panah hitam paling bawah.

twintulipware.img

Sampai sini anda sudah mempunyai Judul Blog dan Alamat Url anda tentunya yang sudah anda persiapkan terlebih dahulu. Langkah berikutnya yaitu masuk ke bagian Postingan Perhatikan nomor-nomor yang ada pada gambar di bawah ini:


  1. Nama Judul Blog anda yang telah anda buat di atas.
  2. Tentukan Judul Postingan atau Judul Artikel yang menurut anda sangat sesuai dengan kemampuan anda dalam menuliskan atau menjelaskan artikel yang akan anda posting nanti. Minimalnya sesuai dengan Hobby anda atau tema-tema yang anda harapkan menjadi suatu artikel yang sangat menarik bagi pembaca blog anda. anda bisa mengunakan google trend untuk memilih judul artikel yang sedang trend saat ini agar postingan anda tidak mengalami kesulitan indeksasi dari mesin pencari Google saat mempublikasikannya
  3. Compose: bagian ini merupakan tempat anda menuliskan dan meng edit baik gambar link pada artikel anda. tanpa menggunakan kode penulisan terkecuali anda sudah paham menggunakannya akan Penulis bahas dalam postingan berikutnya tentang postingan dengan HTML
  4. Html: seperti telah dijelaskan di atas bagian ini digunakan untuk menuliskan artikel anda dengan cara menggunakan kode html baik artikel ataupun gambar. Untuk anda yang pemula saran saya sebaiknya bersabar dulu untuk menggunakan model html dalam penulisan artikel anda meskipun kelebihan dari penggunaan mode html ini lebih banyak dari pada menulis dengan mode Compose.
  5. Label: Pengelompokan judul-judul Artikel atau Kategori artikel.Setelah anda menyelesaikan artikel anda dengan baik saran saya anda baca kembali untuk menghindari kesalahan dalam pengeditan kata dan kalimat serta gambar. Jika anda rasa cukup, ingat jangan anda Publikasikan terlebih dahulu sebaiknya anda Beri Label. Apabila Judul Artikel anda "Masakan Sunda", pemberian label sebaiknya "Masakan", alasanya jika anda menuliskan artikel lainnya mengenai makanan yang berbeda seperti "Rendang Padang Nikmat" nah label Masakan akan digunakan sebagi kelompok kategori.
  6. Jadwal: ini dapat anda atur sesuai dengan waktu yang akan anda gunakan saat mempublikasikannya secara otomatis. Jika anda ingin langsung mempublikasikan saat selesai penulisan artikel anda saran saya biarkan saja.
  7. Tautan Permanen: bagian ini memberikan keterangan pada otomatisasi Tautan Url yang dibuat default oleh Blogger atau anda menggunakan secara manual dengan mengedit Tautan URL nya, silahkan anda pilih.
  8. Lokasi: disini sangat baik anda gunaan untuk mempermudah Google menelusuri posisi anda sehingga anda akan mudah ditemuan oleh para pengunjung Blog anda. Dan fungsinya apabila anda menggunakan Lokasi ini sebagai suatu tanda Usaha atau alamat Bisnis anda sangat membantu dalam pengideksasian Mesin Telusur Google. Sesuaian menurut anda apa mau digunakan atau tidak anda yang bisa putuskan.
  9. Pilihan: disini merupaka options/ atau pilihan dalam pengeditan mode Html
  10. Simpan atau save 
  11. Pratinjau: untuk memastikan hasil tulisan anda sebelum di publikasikan
  12. Publikasikan jika menurut anda sudah baik semuanya tanpa ada kesalahan silahkan anda publikasikan.
  13. Tambahan setelah Lokasi nomor 8 dan sebelum nomor 9 ada bagian DESKRIPSI: pada bagian ini anda tuliskan deskripsi artikel anda atau dengan kata lain kata pembuka yang mewakili dari keseluruhan Artikel anda yang telah anda tulis.Dapat anda tuliskan akata kata yang mewakili dalam artikel anda agar ada penekanan sebagai optimasi dalam mesin pencarian.

Daftartulip.img

Sampai sini penjelasan saya tentang Artikel Blog Pertama selesai, dan akhirnya anda dapat melihat bagaimana menurut anda hasil tulisan anda, apakah sudah bagus seperti para penulis yang profesional atau sekiranya artikel anda masih perlu anda evaluasi lagi? Perlihatkan pada teman anda atau saudara anda bisa juga anda sebarkan dan anda share ke media sosial yang anda miliki. Demikianlah sedikit pengetahuan penulis yang dapat dibagikan kepada anda semua yang benar-benar memerlukannya, dan jika ada pertanyaan serta kesulitan dalam memahami artikel ini silahkan berkomentar pada kolom yang telah disediakan,. tentunya dengan bahasa dan komentar yang baik serta berkaitan dengan isi artikel ini.

Akhirnya Penulis ucapkan terimakasih telah mengunjungi daftartulip.blogspot.com/Artikel Blog Pertama


0 komentar

Post a Comment